DHIS Primary Gelar Ekstrakurikuler Secara Daring

decor-big-white.png

DHIS Primary Gelar Ekstrakurikuler Secara Daring

Ketidakpastian kapan dimulainya kembali penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di Kota Bandung, tidak menyurutkan semangat para guru di Darul Hikam Integrated School ( DHIS) Primary.

Untuk dapat tetap menyalurkan minat juga bakat dari para muridnya di bidang non akademik, DHIS Primary, salah satunya dengan berinovasi menggelar ekstrakurikuler secara daring.

Pada pelaksanaannya, tampak para guru maupun pelatih tiap bidang esktrakulikuler, memanfaatkan sarana aplikasi video confrence seperti zoom dan youtube, untuk berinteraksi dan memberi pengarahan langsung kepada para peserta didik yang berada di rumahnya masing-masing.

Dari belasan bidang ekstrakulikuler yang dimiliki sekolah tersebut, hanya delapan yang akhirnya dapat dilaksanakan secara daring setelah dilakukannya tahap penjaringan dan pertimbangan yaitu, robotik, art club, math club, science club, korean language, english, coding, dan wushu.

Salah satu bidang ekstrakulikuler yang cukup menarik yaitu, wushu. Sebab, meski digelar secara daring, namun para murid tetap antusias untuk melakukan setiap arahan terkait beberapa pola teknik gerakan yang diminta oleh sang pelatih di rumahnya masing-masing.

Bahkan, layaknya bertinteraksi secara langsung, sang pelatih tidak jarang untuk melakukan koreksi ketika ada murid yang kurang tepat saat mengaplikasikan arahan yang diminta.

Staf bidang kesiswaan DHIS Primary, Agung Yusuf Safei mengatakan, digelarnya ekstrakulikuler secara daring ini berawal dari adanya kekhawatiran, akan terhambatnya potensi dan bakat dari para murid, bila terus tidak tersalurkan atau diasah karena keterbatasan tatap muka dampak pandemi covid-19 yang belum juga berakhir.

Meski demikian Agung pun menyadari, dalam pelaksanaannya terdapat beberapa keterbatasan, salah satunya terkait kestabilan konektivitas akses internet. Sebagai upaya mengantisipasi kondisi tersebut, pihaknya telah melakukan beberapa penyempurnaan seperti meningkatkan bandwidth.

"Tentunya ada tantangan dari digelarnya ekstrakulikuler secara dari daring ini, terutama koneksi jaringan internet. Oleh karena itu, kami telah bermusyawarah dengan para orangtua murid untuk menggunakan jaringan wifi dan meningkatkan kecepatan bandwidthnya, sehingga, selain dapat menunjang kegiatan esktrakulikuler, tapi juga pembelajaran mata pelajaran sekolah lainnya," ujarnya saat ditemui di DHIS Primary, Jalan Brigjen Katamso, Sabtu (8/8/2020).

Agung menuturkan, masing-masing bidang ekstrakulikuler secara daring akan diikuti para murid selama satu semester, dengan durasi waktu 1-2 jam per kegiatan. Ketentuan itu pun berlaku untuk bidang ekstrakulikuler bela diri seperti wushu, karena menurut penjelasan sang pelatih kepadanya, teknik gerakan yang akan disampaikan mayoritas sudah pernah diberikan kepada para murid, sehingga selama ekstrakulikuler daring, para murid hanya akan mematangkan materi dan penambahan beberapa materi baru yang relatif mudah di lakukan di rumah.

"Setiap ekskul hanya digelar dengan durasi waktu 1-2 jam per pekan, sehingga tidak membebani para murid juga para orangtuanya dalam mengikuti kegiatan ini. Apalagi kegiatan ekskul daring ini hanya akan berlangsung selama satu semester, karena Insya Allah, berdasarkan informasi sementara yang kami peroleh, kita akan segera mengglar pembelajaran tatap muka pada Maret mendatang (tahun 2021)," ucapnya.

Agung pun berharap, melalui kegiatan seperti ini, tidak menyurutkan semagat dan motivasi anak-anak dalam terus belajar meski pandemi covid-19 belum dapat diketahui kapan akan berakhir.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Asah Minat dan Bakat Siswa di Masa Pandemi, DHIS Primary Gelar Ekstrakurikuler Secara Daring, https://jabar.tribunnews.com/2020/08/08/asah-minat-dan-bakat-siswa-di-masa-pandemi-dhis-primary-gelar-ekstrakurikuler-secara-daring.

Penulis: Cipta Permana

Editor: Dedy Herdiana 

Comments

    No Comments

Add Comment

Profile

... Darul Hikam Integrated School is established to give the enlightment (tanweer) through Tarbiyah (education) and ...

Subscribe

Video

Recent Events

No recent event