DHIS Primary Menggelar Field Trip Virtual

decor-big-white.png

DHIS Primary Menggelar Field Trip Virtual

Kegiatan field trip atau karyawisata biasanya menjadi momentum yang sangat ditunggu oleh setiap murid sebagai ajang relaksasi dari padatnya aktivitas belajar di sekolah.

Namun, karena belum berakhirnya masa pandemi Covid-19, membuat kegiatan menyenangkan tersebut, terpaksa harus ditiadakan sementara waktu.

Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary pun memiliki cara unik untuk tetap menggelar kegiatan rutin tersebut tanpa harus melanggar protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu dengan menggelar Field Trip Virtual .

Bahkan, Field Trip Virtual kali ini dilakukan ke negeri Paman Sam, Amerika Serikat yang memiliki waktu tempuh 12 jam penerbangan dari Indonesia.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan DHIS Primary, M. Fadli Fathurrahman mengatakan, situasi pandemi covid-19, justru memberi berkah tersendiri dari kegiatan field trip yang selama ini menjadi agenda rutin tahunan.

Selain kegiatan fieldtrip virtual dapat diikuti secara langsung oleh seluruh murid melalui aplikasi zoom di perangkat gawai, dan dari rumahnya masing-masing. Tapi juga kegiatan kali ini, justru mampu menjangkau lokasi yang tidak terpikirkan sebelumnya.

"Jadi kegiatan ini (field trip virtual) merupakan inisiatif kami dalam upaya memberikan esensi karyawisata meskipun berada di tengah pandemi covid-19. Apalagi bila dalam kondisi normal, kegiatan ini selalu terbatas pada ketersediaan dana anggaran sekolah, sehingga biasanya kami hanya menggelar kunjungan ke beberapa tenpat di Bandung atau Jakarta. Tapi kali ini justru kami bisa merasakan kunjungan ke empat tempat sekaligus di Amerika," ujarnya melalui sambungan telepon, Kamis (15/10/2020).

Fadli menuturkan, dalam pelaksanaan field trip virtual tersebut, pihaknya bekerjasama dengan salah seorang kolega DHIS Primary untuk menjadi pemandu wisata kegiatan di Amerika Sekirat. Dimana, satu pekan sebelum kegiatan field trip virtual berlangsung, sang pemandu wisata telah membuat video dokumenter ke beberapa tempat wisata di Amerika yang ia kunjungi.

Objek wisata yang disuguhkan meliputi, The George Washington University di Washington DC yang menjadi kampus dari sang pemandu wisata, kemudian The White House atau Istana kepresidenan Amerika Serikat, Capitol Building atau gedung kongres Amerika Serikat, dan terakhir ke Imaam Center di Silver Spring, Maryland yang menjadi salah masjid komunitas muslim Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat.

"Kegiatan field trip virtual ke Amerika Serikat ini berlangsung mulai pukul 07.00 - 12.00 WIB dan diikuti oleh 280 murid dan 30 orang guru. Meskipun, kegiatan ini berlangsung secara virtual, tapi kami buat seolah mereka merasakannya secara langsung, diantaranya setiap peserta harus mengikuti susunan rundown kegiatan yang telah disusun hingga dapat berkomunikasi langsung satu sama lain, baik dengan teman sebayanya, termasuk dengan sang pemandu wisata," ucapnya.

Ia menambahkan, karena animo dan antusias yang besar dari para peserta, maka kedepan pihaknya akan kembali menggelar kegiatan serupa ke beberapa destinasi wisata secara virtual yang disesuaikan dengan kebutuhan dari materi ajar dalam kurikulum sekolah.

"Sepertinya kami akan kembali menggelar field trip virtual di semester dua nanti," ujar Fadli.

Dirinya menambahkan, karena tujuan dari field trip virtual ini, memberikan pengalaman berbeda bagi para sivitas akademika DHIS Primary, maka para peserta diharapkan, dapat mengambil hikmat pelajaran bahwa dunia ini masih sangat luas untuk dapat diketahui dan dijelajahi, termasuk kapanpun dan dimana pun kita berada jangan meninggalkan identitas sebagai seorang muslim.

"Maka dari itu di akhir kunjungan tour, kita menggelar sholat dzuhur berjamaah," katanya.

Sumber: https://jabar.tribunnews.com


Comments

    No Comments

Add Comment

Profile

... Darul Hikam Integrated School is established to give the enlightment (tanweer) through Tarbiyah (education) and ...

Subscribe

Video

Recent Events

No recent event