Kajian Ramadhan - Tanda Orang Sabar

decor-big-white.png

Kajian Ramadhan - Tanda Orang Sabar

Pengendalian Diri 

"Allah tidak membebani seseorang, melainkan dengan kesanggupannya." (QS Al-Baqarah 286)

Ketika tak ada bahu tuk bersandar, selalu ada tempat tuk bersujud. Seberat apa pun masalahmu, hamparkan sajadahmu. Hadapi masalah dengan senyum karena Allah pasti berikan jalan keluar. Mulailah dengan sabar, cobalah kendalikan diri agar dapat melihat masalah dengan pandangan positif.

Sabar Terhadap Musibah

Rasulullah saw bersabda, "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan, sesudah kesulitan itu akan datang kemudahan."

(HR Abdu bin Humaid Musnad No. 636, Ad Durrah As Salafiyyah hal 148)

Terkadang, ketika kita meminta diberi kesabaran, Allah SWT justru memberi cobaan atau musibah. Namun, jangan berprasangka buruk terhadap takdir Allah SWT. Bisa jadi cobaan atau musibah yang sedang kita alami adalah cara Allah SWT untuk mengangkat derajat kita. Insya Allah.

Menahan Amarah

Kedewasaan bisa diukur dari kesabaran dalam menahan amarah. Marah adalah reaksi emosi yang wajar. Namun tak wajar, jika amarah itu merugikan diri sendiri atau orang lain. Marah bisa sesaat, tapi kata-kata yang keluar dalam keadaan marah, akan menyebabkan bekas luka yang sulit disembuhkan. Oleh karena itu, sebaiknya jaga hati, lisan, pikiran, dan tubuh dari marah berlebihan.

Sabar Mengajak Shalat

Para orangtua mungkin pernah mengalami anak susah shalat. Padahal, shalat adalah kewajiban utama umat Islam yang seharusnya dibiasakan sejak dini. Tentunya, orangtua harus mengajak dengan bahasa yang lembut agar perasaan anak tersentuh. Cara mengajak shalat pun harus kreatif dan sikap terbaik adalah memberi contoh atau teladan. Ingatlah sahabat! Mendidik anak bagaikan mengukir di atas batu. Awalnya sulit, tapi dengan keteladanan dan kelembutan, insya Allah anak-anak akan menjadi pribadi sholeh dan sholehah serta penolong kita di akhirat kelak.

Menjalani dan Menegakkan Hukum Ajaran Islam

Menahan lapar dan dahaga selama puasa Ramadan bertujuan agar kita menjadi orang-orang yang bertakwa. Salah satu jalan menuju pribadi takwa adalah menegakkan keadilan. "Berlaku adillah karena adil itu lebih dekat kepada takwa' (QS Al Maidah:8). Keadilan dalam Islam adalah risalah universal yang harus diperjuangkan oleh setiap kaum Muslimin. Menegakkan keadilan dapat dilakukan siapa saja. Setidaknya, berkata benar dan baik adalah bentuk keadilan terhadap orang lain. "Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang melakukan perbuatan keji, kemunkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran' (QS An Nahl:90).


Rangkuman Tausyiah dari: 

Dr. Ir. H. Sodik Mudjahid, M.Sc. (Ketua Yayasan Darul Hikam Bandung)

Comments

    No Comments

Profile

Darul Hikam Integrated School Primary is part of Darul Hikam Foundation established in 2007 and was the first islamic international school in Bandung.

Subscribe

Video

Recent Events

No recent event